Pages

Rabu, 03 Mei 2017

Texture Object dengan aplikasi Blender


Anggota Kelompok :

ALFIAN DHIMAS                   (50414808)
BAYU YUNIANTO P               (52414808)
EDHO PRATAMA BISMA A     (52412355)
RIDWAN HILMY M                  (59414315)
M SOFYAN PRIYATNA            (57414018)
FRENKY ANGGIAT B              (54414386)


Pada kesempatan kali ini kami akan membuat bagaimana suatu object diberikan texture. Sehingga texture yang ada pada permukaan object tersebut akan memberikan efek yang realistis. Pada contoh pemberian texture kali ini akan membuat botol kecap. Dimana biasanya pada botol kecap terdapat logo berupa stiker yang memperkenalkan merek dari kecap tersebut. Lalu selain itu juga pada botol kecap yang baru pada tutupnya terdapat segel. Berikut ini langkah pemberian texture pada botol kecap.

Pertama yaitu buat dahulu objeknya yaitu botol, sementara kami disini akan langsung membahas ke pemberian texturenya.



Gambar diatas adalah botol kecap yang sudah dibuat. Lalu beri tekstur menggunakan uv map, caranya seperti ini :

Pertama kita memasukan tekstur label merk botol, pilih face pada bagian bawah, pilih tengah, coba seleksi seperti gambar dibawah ini. Tarik window kanan, kemudian di ubah editor tipe window kanan menjadi uv image, lalu open image yang akan kita taruh diface itu. Jika sudah tekan u pilih unwrap, lalu ubah viewport shadingnya menjadi tekstur, sehingga akan tampak seperti ini.



Kedua kita masukan tekstur botol kecapya itu sendiri, masukan image warna hitam sehingga akan tampak seperti ini.



Ketiga kita masukan tekstur tutup botolnya, masukan warna kuning sehingga tampak seperti ini.




Keempat kita memberikan label melingkar di leher botol, sehingga tampak seperti ini. *cara ini sama seperti memberi merek di tahap sebelumnya*.



Jika kita render tekstur tersebut masih berantakan, kita perlu memasukan uv imagenya tersebut kedalam tekstur, lalu mengasign material pada tiap face tersebut. Jika sudah coba atur pencahayaan dan kamera, jika hasilnya kurang memuaskan coba mainkan diffuse, speculare, transparant dan mirror dari tekstur” tersebut, sehingga hasil rendernya akan tampak seperti ini.








0 komentar:

Posting Komentar