Pages

Selasa, 04 Juli 2017

Constructive Solid Geometry (CSG)

Anggota Kelompok :

1. Ridwan Hilmy M     59414315
2. Bayu Yunianto P      52414808
3. Alfian Dhimas         50414808
4. Edho Pratama B       52412355
5. M Sofyan Priyatna   57414018
6. Frengky Anggiat B  54414386

Constructive Solid Geometry (CSG) adalah suatu teknik yang digunakan dalam solid modeling serta sering kali namun tidak selalu, digunakan dalam komputer grafis 3D dan CAD. CSG memungkinkan modeler untuk membuat objek atau permukaan yang kompleks dengan menggunakan operator Boolean untuk menggabungkan objek tersebut. Dalam beberapa kasus, CSG ditampilkan dalam jaring-jaring polygonal dan mungkin juga prosedural atau parametrik.

Benda padat yang paling sederhana untuk ditampilkan disebut primitif  yang biasanya berbentuk objek sederhana seperti kubus, prisma, silinder, piramida, bola dan kerucut. Sebuah objek dibangun dari sebuah primitif dengan cara operasi boolean yang terdiri dari union, intersection, dan difference. Dan berikut ini adalah pembuatan CSG dengan operasi Boolean menggunakan software Blender.

Boolean Intersection (Persinggungan)

Intersection objek dibuat menjadi sebuah objek yang mengandung semua bagian dimana kedua objek saling berpotongan. Pada gambar kedua, menunjukkan intersection antara silinder dengan kerucut. Bila tidak terjadi perpotongan antara kedua objek tersebut maka objek intersection tidak akan terbentuk. Pada Blender kita dapat meng-intersection(Persinggungan) kedua bangun dengan Boolean yang telah disediakan. Kita cukup masuk pada Modifier -> Boolean -> Seleksi salah satu objek (Cube) -> pilih intersect -> pilih dengan objek apa yang ingin digabungkan (Cylinder) -> Klik Apply -> Seleksi objek cylinder kemudian hapus. Dan hasilnya persinggungan dapat dilihat pada gambar 2.

Gambar 1 :


Gambar 2 :



Boolean Difference (Pengurangan)

Difference adalah objek yang dihasilkan dari pengurangan objek A oleh objek B seperti gambar 2. Pada Blender kita dapat men-difference(pengurangan) kedua bangun dengan Boolean yang telah disediakan. Kita cukup masuk pada Modifier -> Boolean -> Seleksi salah satu objek (Sphere) -> pilih difference -> pilih dengan objek apa yang ingin digabungkan (Cylinder) -> Klik Apply -> Seleksi objek bola kemudian hapus.

Gambar 1 :



Gambar 2 :



Boolean Union (Penggabungan)

Union adalah membuat dua objek menjadi satu kesatuan objek sehingga dapat dilakukan manipulasi seperti pada satu objek. Pada gambar dibawah ini terdapat dua buah bangun yang berbeda yaitu, silinder dan kerucut. Bangun silinder dan kerucut dibawah jika dilihat memang seperti telah tergabung menjadi satu. Tetapi jika dilihat pada Gambar 2 terlihat dimana kerangka bangun silinder dan kerucut tidak menyatu seperti masih memiliki kerangka masing – masing. Pada Blender kita dapat menggabungkan (Union) kedua bangun dengan Boolean yang telah disediakan. Kita cukup masuk pada Modifier -> Boolean -> Seleksi salah satu objek (Silinder) -> pilih union -> pilih dengan objek apa yang ingin digabungkan (Kerucut) -> Klik Apply -> Seleksi objek kerucut kemudian hapus. Dan hasilnya seperti pada Gambar 3 dan Gambar 4.

Gambar 1 :


 Gambar 2 :



Gambar 3 :



Gambar 4 :


Boolean Intersection Sama Objek (Persinggungan)

Intersection objek dibuat menjadi sebuah objek yang mengandung semua bagian dimana kedua objek saling berpotongan. Pada gambar kedua, menunjukkan intersection antara kubus dengan kubus. Bila tidak terjadi perpotongan antara kedua objek tersebut maka objek intersection tidak akan terbentuk. Pada Blender kita dapat meng-intersection(Persinggungan) kedua bangun dengan Boolean yang telah disediakan. Kita cukup masuk pada Modifier -> Boolean -> Seleksi salah satu objek (Kubus) -> pilih intersect -> pilih dengan objek apa yang ingin digabungkan (Kubus) -> Klik Apply -> Seleksi objek kerucut kemudian hapus. Dan hasilnya persinggungan dapat dilihat pada gambar 2. 


Gambar 1 :





Gambar 2 :



Boolean Difference Sama Objek (Pengurangan)

Difference adalah objek yang dihasilkan dari pengurangan objek A oleh objek B seperti gambar 2. Pada Blender kita dapat men-difference(pengurangan) kedua bangun dengan Boolean yang telah disediakan. Kita cukup masuk pada Modifier -> Boolean -> Seleksi salah satu objek (Kubus) -> pilih difference -> pilih dengan objek apa yang ingin digabungkan (Kubus) -> Klik Apply -> Seleksi objek kubus kemudian hapus.

Gambar 1 :



Gambar 2 :



Boolean Union sama Objek (Penggabungan)

Union adalah membuat dua objek menjadi satu kesatuan objek sehingga dapat dilakukan manipulasi seperti pada satu objek. Pada gambar dibawah ini terdapat dua buah bangun yang sama yaitu, torus dan torus. Bangun torus dan torus dibawah jika dilihat memang seperti telah tergabung menjadi satu. Tetapi jika dilihat pada Gambar 2 terlihat dimana kerangka bangun tidak menyatu seperti masih memiliki kerangka masing – masing. Pada Blender kita dapat menggabungkan (Union) kedua bangun dengan Boolean yang telah disediakan. Kita cukup masuk pada Modifier -> Boolean -> Seleksi salah satu objek (Torus) -> pilih union -> pilih dengan objek apa yang ingin digabungkan (torus) -> Klik Apply -> Seleksi objek kerucut kemudian hapus. Dan hasilnya seperti pada Gambar 3 dan Gambar 4.

Gambar 1 :


Gambar 2 :



Gambar 3 :


Gambar 4 :









0 komentar:

Posting Komentar