Pages

Minggu, 15 November 2015

Temukan Informasi Melalui Wikipedia

Dalam posting sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang Aplikasi New Media dan memberikan salah satu contohnya yaitu Wikipedia. Akan saya ulas dahulu apa itu Wikipedia, Wikipedia adalah ensiklopedia isi bebas yang dimulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003). Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi oleh para penyunting dari seluruh dunia. Situs ini merupakan situs wiki, yang berarti siapa pun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman.

Pertama yaitu buka web browser yang ingin digunakan lalu ketik url https://id.wikipedia.org/ atau bisa juga langsung search dengan keyword “Wikipedia”.


Setelah masuk dalam Wikipedia kita dapat mencari informasi atau artikel yang ingin dicari, bisa berupa sejarah, informasi, biografi, geografi, ilmu, teknologi, seni dan lain-lain. Berikut ini tampilan awal masuk ke dalam Wikipedia.


Jika kita ingin mencari suatu artikel dapat mencarinya dengan mengetikan kata kunci pada textbox “cari”. Misalnya saya mencari artikel mengenai Candi Borobudur, maka akan tampil secara lengkap informasi mengenai Candi Borobudur. Bahkan artikelnya sudah dikelompokan dengan bagian-bagian tertentu dalam bentuk daftar isi sehingga bisa mendapatkan informasi yang spesifik secara lebih mudah. Misalnya kita ingin melihat informasi mengenai struktur bangunan atau galeri mengenai Candi Borobudur maka tinggal klik saja bagian tersebut makan akan langsung menampilkan informasi yang ingin dilihat, ini disebut lebih mudah karena tanpa perlu scroll halaman. 




Fitur lain yang disediakan kita dapat membagikan informasi yang dicari melauli Facebook atau Twitter. Lalu juga dapat mecetak artikelnya dalam bentuk PDF. Sebernarnya masih ada fitur lain yang disediakan seperti komunitas, perkakas dan lain-lain.


Pada Wikipedia ini juga dapat mengubah bahasa pada artikel yang dicari dengan memilihnya pada menu bahasa yang disediakan Wikipedia. Disini saya mencoba mengubahnya menjadi Bahasa Inggris.



Lalu juga artikel yang terdapat pada Wikipedia ini juga menyertakan referensi terkait artikel tersebut jadi informasi yang disampaikan jelas dengan menyertakan sumber dari informasi tersebut.


Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai Wikipedia, bila ada kesalahan dalam penulisan atau kesalahan kata mohon maaf. Terima Kasih


0 komentar:

Posting Komentar